Random Post
to show post by tag/label, fill tagName like this: ex:label blogger ---> tagName:"blogger" to show recent post change RandompostActive value to false like this : RandompostActive:false
Friday, 6 December 2013

04:32

RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Banda Aceh
Kelas/Semester                        : VII/1
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/Topik                             : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
A. KOMPETENSI INTI:
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
B. KOMPETENSI DASAR:
1.1. Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial
1.2. Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.3. Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, anun, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu-Buddha dan Islam daam kehidupan sekarang
1.4. Memahamiaspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia(ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik)
1.5. Memahami perubahan masayrakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu-Budha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomis, budaya, pendidikan, dan politik
1.6. memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, social, budaya, dan ekonomi
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:
            1.  Menjelaskan konektivitas antar-ruang dan waktu.
            2.  Mendeskripsikan aspek-aspek yang saling terkait antar ruang dan waktu.
3.      Menemukan proses keterkaitan ruang dan waktu dengan  interaksi sosial
4.      Menjelaskan letak wilayah Indonesia dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
5.      Menjelaskan pengertian  letak astonomis ,dan  letak geografis.
6.      Menemukan letak astronomis dan letak geografis pada peta kepulauan Indonesia
7.      Mendeskripsikan keuntungan dan kerugian letak astronomis dan letak  geografis Indonesia
8.      Menjelaskan pembagian iklim di Indonesia.
9.      Menemukan dampak dari pembagian masing-masing iklim di indonesia
10.  Menjelaskan bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk di indoensia
11.  Menjelaskan dan menemukan berbagai sumber daya alam yang terdapat pada daratan renda, bukit dan perbukitan, daratan tinggi serta pergunungan.
12.  Menjelaskan dan menemukan  persebaran flora fauna  di Indonesia

13.  Menjelaskan dan mendeskripsikan masa berburu dan mengumpulkan makanan
14.  Mendeskripsikan dan menggali informasi tentang kehidupan masarakat Indonesia pada masa Hindu-Budha di Indonesia.
15.  Mendeskripsikan dan menggali informasi tentang kehidupan masarakat pada masa islam
D. TUJUAN PEMBELAJARAN:
    Tujuan pembelajaran pada Bab I ini ialah peserta didik mampu:
a. memahami konektivitas antarruang dan waktu
b. memahami letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
c. memahami keadaan alam Indonesia
d. memahami pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam
e. menunjukkan perilaku jujur, bertanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin
tahu, peduli, menghargai, dan percaya diri.
f. mencoba dan menyajikannya dalam bentuk laporan
E. MATERI AJAR:
    Kegiatan pembelajaran pada Bab I terdiri atas empat subpokok bahasan berikut.
1. Konektivitas Antarruang dan Waktu
2. Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
3. Keadaan Alam Indonesia      
4. Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu, Buddha,
dan Islam
F. ALOKASI WAKTU : 10 x 45 menit (5 kali pertemuan)

G. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan :Saintifik
2. Metode :ceramah dan diskusi kelompok (bervariasi)

H. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I
1. kegiatan pendahuluan
·         Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran denganmengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati ajaran agama),
·         Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selamapembelajaran (rasa ingin tahu).
·         Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
·         Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
2. kegiatan inti
       Eksplorasi
·      Guru menjelaskan pengertian ruang ,  keteterkainan atar- ruang dan waktu,dan cotoh peristiwa keterkaitan tersebut.
Elaborasi
·      Penugasan secara kelompok, siswa berdiskusi tentang proses keterkaitan antar-ruang dan waktu serta contok peristiwa keterkaitan tersebut.
·      Siswa menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan kelompok masing-masing.
Konfirmasi
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti atau belum diketahui.
3. kegiatan penutup
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
·      Melakaukan penilaian dan repleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
·      Memberikan motivasi
·      Memberikan tugas rumah

Pertemuan 2
1. kegiatan pendahuluan
·         Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran denganmengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati ajaran agama),
·         Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selamapembelajaran (rasa ingin tahu).
·         Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
·         Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
2. kegiatan inti
       Eksplorasi
·      Guru menjelaskan pengertian letak astronimis, letak geografis, keadaan iklim di Indonesia serta pembagian iklim di Indonesia.
·      Penugasan secara kelompok, siswa berdiskusi tentang letak astronimis, letak geografis, keadaan iklim di Indonesia serta pembagian iklim di Indonesia.
·      Siswa menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan kelompok masing-masing.
Konfirmasi
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti atau belum diketahui.
3. kegiatan penutup
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
·      Melakaukan penilaian dan repleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
·      Memberikan motivasi
·      Memberikan tugas rumah

Pertemuan 3
1. kegiatan pendahuluan
·         Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran denganmengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati ajaran agama),
·         Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selamapembelajaran (rasa ingin tahu).
·         Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama proses belajar berlangsung.
·         Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
2. kegiatan inti
       Eksplorasi
·      Guru menjelaskan pengertian daratan rendah, bukit dan perbukitan, daratan tinggi, gunung dan pergunungan serta sumber daya alam yang dihasilkan.
Elaborasi
·      Penugasan secara kelompok, siswa berdiskusi serta menemukan contoh-contoh tanaman yang terdapat pada daratan rendah, bukit dan perbukitan, dan daratan tinggi.
·      Siswa menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan kelompok masing-masing.
Konfirmasi
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti atau belum diketahui.
3. kegiatan penutup
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
·      Melakaukan penilaian dan repleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
·      Memberikan motivasi
·      Memberikan tugas rumah

Pertemuan 4
1. kegiatan pendahuluan
·         Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran denganmengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati ajaran agama),
·         Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selamapembelajaran (rasa ingin tahu).
·         Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
·         Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
2. kegiatan inti
       Eksplorasi
·      Guru menjelaskan tentang persebaran flora dan fauna di indonesia
Elaborasi
·      Penugasan secara kelompok, siswa berdiskusi tentang proses persebaran flora dan fauna di Indonesia serta persebaran flora dan fauna di daerah tempat mereka tinggal dan factor-faktor terjadinya perbedaan persebaran flora dan fauna di Indonesia.
·      Siswa menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan kelompok masing-masing.
Konfirmasi
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti atau belum diketahui.
3. kegiatan penutup
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
·      Melakaukan penilaian dan repleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
·      Memberikan motivasi
·      Memberikan tugas rumah

Pertemuan 5
1. kegiatan pendahuluan
·         Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran denganmengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati ajaran agama),
·         Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selamapembelajaran (rasa ingin tahu).
·         Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran.
·         Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
2. kegiatan inti
       Eksplorasi
·      Guru menjelaskan kehidupan social masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, Hindu-Budha dan Islam.
Elaborasi
·      Penugasan secara kelompok, siswa berdiskusi tentang ciri-ciri kehidupan pada masa praaksara, hindu-budha, dan islam dan dapat menunjukkan contoh-contoh peninggalan pada masa tersebut.
·      Siswa menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan kelompok masing-masing.
Konfirmasi
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti atau belum diketahui.
3. kegiatan penutup
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
·      Melakaukan penilaian dan repleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
·      Memberikan motivasi

·      Memberikan tugas rumah



I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.      Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1
Religius
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan

2
Tanggung jawab
3
Peduli
4
Responsif
5
Santun
2.      Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

tes
Lisan


tes
Keterampilan tertulis


tes
Keterampilan tertulis


3.      Penilaian instrumen:
No
Aspek yang dinilai
Tingkat Kemampuan
1
2
3
4
1





2





3







J. SUMBER BELAJAR:
Alat : Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet, peta
Bahan/sumber ajar :LKS, Buku siswa , soal-soal latihan, makalah,buku guru

Mengetahui, Banda Aceh, ……….2013