Sejak diluncurkannya CB150R pada Desember tahun lalu, kepekaannya terhadap pelanggan begitu nyata. Dengan pilihan empat warna menunjukkan jati diri pengendara roda dua yang mengdambakam dapur pacu bertranmisikan enam kecepatan. Sentuhan warna yang begitu halus dipadukan dengan gari-garis hitam yang serupa sayap itu membuktikan bahwa CB150R street firen-nya roda dua. Keempat varian warna CB150R terdiri atas; Fourius red (merah), lightning white (putih berkilau), speedy white (putih), dan astro black (hitam).
Fourius red |
Tak luput pula petanda pabrikan PT
Astra Honda Motor (PT AHM), di bagian tangki motor itu tercemat gambar berpola
sayap yang condong ke kanan. Logo itu sendiri bisa ditamsilkan PT AHM ini ingin
memberikan kebebasan kepada pelanggannya menuju perubahaan yag lebih baik.
Sentuhan lembut lainnya pada CB150R yakni bertabur kelir di dalam stiker yang ditempelkan pada tangki motor dan body belakang. Kegagahan motor advance ini juga ditunjukkan dari ketinggian tempat duduk sejauh 790 mm. Sementara jarak terendah ke tanah 148 mm membuat anda lebih nyaman dan tidak perlu khawatir kendaraan itu akan mentok dengan tanah.
Sentuhan lembut lainnya pada CB150R yakni bertabur kelir di dalam stiker yang ditempelkan pada tangki motor dan body belakang. Kegagahan motor advance ini juga ditunjukkan dari ketinggian tempat duduk sejauh 790 mm. Sementara jarak terendah ke tanah 148 mm membuat anda lebih nyaman dan tidak perlu khawatir kendaraan itu akan mentok dengan tanah.
Warna-warni pada CB150R juga
selaras dengan khasanah budaya lokal di Indonesia. Di antaranya warna merah
yang membuktikan masyarakat Indonesia umumnya berani. Di dalam hal ini CB150R
berani menerapkan mesin berinjeksi (PGM-FI / Programmed Fuel Injection), menapik
asumsi masyarakat street fighter adalah motor yang boros. Di sini PT AHM
terlihat begitu peduli dengan pelanggannya dan juga menjaga persediannya bahan bakar /minyak bumi yang semakin menipis.
CB150R berwana putih tidak lain
untuk mengisyarakatkan akan keselamatan pengendara yang terutama. Oleh karena
itu, pada sistem pengereman CB150R menerapkan cakram Hidrolik, dengan piston
ganda untuk rem depan dan cakram hidrolik, dengan piston tunggal. Urusan nyawa
memang tidak main-main maka di tempat melekatnya seluruh komponen (kerangka) pada
CB150R menggunakan bahan terbuat dari diamond steel (Truss Frame / Trellis Type).
Lalu bagaimana dengan pemberian
warna hitam di CB150R apa maksud di balik warna itu? Dahulunya ketika umat
manusia belum mengenal kendaraan bermesin, masyarakat di dunia menggunakan Kuda
sebagai alternatif kendaraan untuk yang bermobilitas tinggi. Terinspirasi dari
itulah CB150R menapuk mesin 4-langkah,
dohc, 4-katup, silinder tunggal dengan daya maksimum 12,5 kW (17,0 PS) / 10.000
rpm dan torsi maksimum13,1 Nm (1,34 kgf.m) / 8.000 rpm. Menempuh perjalanan
jarak jauh pun menjadi tidak terkendala dengan adanya pendingin cairan
(radiator) dengan kipas elektris otomatis. Dan yang pastinya rupiah yang anda
keluarkan untuk mendapatkan CB150R dipastikan bakal membawa Anda kepada
kepuasan tersendiri untuk menunggai CB150R. Tertarik? Buktikanlah segera!
Berikut ini adalah spesifikasi CB150R yang dikutip dari we love honda
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi
|
2.008 x 719 x 1.061 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1.288 mm
|
Jarak Terendah ke Tanah
|
148 mm
|
Ketinggian Tempat Duduk
|
790 mm
|
Berat Kosong
|
129 Kg
|
Radius Putar Minimum
|
1.980 mm
|
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
|
12 Liter
|
MESIN
Tipe Mesin
|
4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
|
Volume Langkah
|
149,48 cm3
|
Sistem Pendingin
|
Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektris Otomatis
|
Sistem Suplai Bahan Bakar
|
Injeksi (PGM-FI / Programmed Fuel Injection)
|
Diameter x Langkah
|
63,5 x 47,2 mm
|
Tipe Transmisi
|
6 Kecepatan
|
Pola Pengoperan Gigi
|
1-N-2-3-4-5-6
|
Perbandingan Kompresi
|
11 : 1
|
Daya Maksimum
|
12,5 kW (17,0 PS) / 10.000 rpm
|
Torsi Maksimum
|
13,1 Nm (1,34 kgf.m) / 8.000 rpm
|
Tipe Starter
|
Kick Starter & Electric Starter
|
Tipe Kopling
|
Manual, Wet Multiplate with Coil Sprin
|
Kapasitas Minyak Pelumas
|
1 Liter pada Penggantian Periodik
|
KELISTRIKAN
Tipe Baterai
|
MF 12 V – 5,0 Ah
|
Tipe Pengapian
|
Full Transisterized
|
Tipe Busi
|
NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9
|
RANGKA
Tipe Rangka
|
Diamond Steel (Truss Frame / Trellis
Type)
|
Ukuran Ban Depan
|
80/90 – 17 M/C 44P (Tubeless)
|
Ukuran Ban Belakang
|
100/80 – 17 M/C 52P (Tubeless)
|
Tipe Rem Depan
|
Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
|
Tipe Rem Belakang
|
Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
|
Tipe Suspensi Depan
|
Teleskopik
|
Tipe Suspensi Belakang
|
Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal
(Sistem Suspensi Pro-Link)
|
REFERENSI
Kecepatan Maksimum
|
Badan Menunduk
|
122 km/ jam
|
Akselerasi
|
Standing Start 0 - 200 m
|
10,6 detik
|
Konsumsi Bahan Bakar
|
Metode ECE R40
|
36,0 km/l
|