Bagi Anda tenanga pengajar maupun mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, saat ini menjadi keharusan bagi Anda untuk menerapkan/mempelajari kurikulum 2013. Meski perbedaannya tidak begitu besar namun dibutuhkan analisa untuk menyusun RPP kurikulum 2013, karena pada kurikulum 2013 langkah penyusunan RPP tersebut tidak sama dengan KTSP maupun KBK.
Tentu menjadi pertanyaan bagi Anda bagaimana menyusun RPP tersebut? Hmmm. Tidak perlu khawatir, admin Belajar-sastraaceh saat ini sedang berbaik hati dan RPP tersebut bisa anda dapatkan di sini. Dengan sedikit mengedit tentunya RPP ini telah siap anda gunakan untuk mengajar dan menyerahkannya kepada dosen.
Pada kesempatan kali ini pada posting yang ini Belajar-sastraaceh akan memberikan secara cuma-cuma RPP kurikulum 2013. Anda dapatkan dengan mengklik di sini. Dan terakhir Belajar-sastraaceh mengucapkan selamat belajar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kelas/Semester : VII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Tsunami
Jumlah Pertemuan : 1 x 45 menit
A Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.10 Memahami teks penjelasan (eksplanasi) urutan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis untuk
memaparkan langkah-langkah suatu proses dalam bentuk linear dengan bantuan guru dan
teman.
4.15 Membuat teks penjelasan (eksplanasi) urutan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis untuk
memaparkan langkah-langkah suatu proses dalam bentuk linear secara mandiri.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Memahami Konteks
b. Memahami menggenali teks ekplanasi
c. Memahami kaidah teks teks ekplanasi
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca beberapa contoh teks eksplanasi, mendiskusikannya, dan berlatih siswa dapat :
a. Memahami isi teks eksplanasi yang penjelasan (eksplanasi)
b. Memahami struktur teks penjelasan (eksplanasi)
c. Memahami kaidah teks penjelasan (eksplanasi)
0 komentar:
Post a Comment