Random Post
to show post by tag/label, fill tagName like this: ex:label blogger ---> tagName:"blogger" to show recent post change RandompostActive value to false like this : RandompostActive:false
Thursday 16 August 2018

05:02
Berdasarkan topik penelitian berikut, kembangkanlah (a) latar belakang, (b) rumusan masalah, dan (c) tujuan penelitian!


Topik:  Kemampuan Siswa SMAN 1 Banda Aceh dalam Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Asal Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa

a. Latar Belakang
Penelitian ini membahas tentang kemampuan siswa SMAN dalam menulis karangan yang ditinjau berdasarkan asal sekolah dan tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini menarik diteliti karena selama ini yang menjadi subjek penelitian hanyalah siswa, tetapi jarang ditemukan penelitian yang mencari korelasi penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan. Hal ini disebabkan kemampuan siswa dalam menulis karangan erat kaitannya dengan tingkat pengajaran di sekolah. Pada sekolah tertentu, guru bahasa Indonesia tidaklah mengajarkan pembelajaran menulis secara tuntas. Dengan perkataan lain, pemerataan pendidikan tidaklah secara menyeluruh. Oleh karena itu, untuk melihat adanya korelasi antara asal sekolah dan tingkat pendidikan orang tua hanya dapat dijawab secara ilmiah dengan dilakukan penelitian.
Suasana Penelitian di salah satu sekolah di Banda Aceh.
Kemampuan menulis bukanlah bakat yang hanya dimiliki oleh sebagian siswa. Akan tetapi, menulis merupakan salah satu keterampilan dari tiga keterampilan lainnya, yakni keterampilan berbicara, keterampilan menyimak, dan keterampilan membaca. Proses menumbuhkan keterampilan menulis haruslah dilakukan secara kontiniu ataupun secara bertahap. Siswa harulah memiliki keterampilan menulis yang memadai. Hal ini disebabkan  manfaat yang didapatkan oleh seseorang yang terampil menulis adalah (1) meningkatkan kecerdasan, (2) mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, (3) menumbuhkan keberanian, dan (4) mendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi (Suparno dan Yunus, 2002:14).
Menulis dapat didefinisikan sebagai usaha untuk mengeluarkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. Menurut Nurgiyantoro (2001:273) menyatakan bahwa menulis adalah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui media bahasa. Batasan yang dibuat Nurgiyantoro sangat sederhana, menurutnya menulis hanya sekadar mengungkapkan ide, gagasan, atau pedapat dalam bahasa tulis, lepas dari mudah tidaknya tulisan tersebut dipahami oleh pembaca. Pendapat senada disampaikan oleh Tarigan (2008:21), yang menyatakan bahwa menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambar grafik yang sama, lambang-lambang yang dimaksud oleh Tarigan adalah tulisan atau tulisan yang disertai gambar.
Berkaitan dengan hal tersebut menulis menjadi masalah bagi setiap individu. Sunendar (2011:248) mengatakan bahwa dibandingkan dengan tiga kemampuan berbahasa yang lain, kemampuan menulis lebih sulit dikuasai bahkan oleh penutur asli bahasa yang bersangkutan sekalipun. Hal ini disebabkan kemampuan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur di luar bahasa yang mendukung penulis itu sendiri di antaranya asal sekolah dan pendidikan orang tua.
Kemampuan menulis di kalangan siswa terutama pada jenjang SMA merupakan merupakan hal yang haruslah dikuasai secara komprehensif bagi siswa. Dibandingkan di negara lainnya, seperti Malaysia siswa di jenjang SMA telah mampu membuat karya tulis ilmiah yang dimuat di jurnal. Sementara itu, di Indonesia khususnya di provinsi Aceh, masih ditemukan siswa yang tidak mampu membuat sebuah karangan. Hal ini merupakan permasalahan serius yang semestinya mendapat perhatian dari kita semua. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian mengenai Kemampuan Siswa SMAN 1 Banda Aceh dalam Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Asal Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa penting dilakukan guna memberikan masukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan hal ini, misalnya dinas pendidikan provinsi Aceh.

b. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, masalah penelitian ini adalah sebagai berikut.
(1)  Apakah terdapat korelasi kemampuan siswa SMAN 1 Banda Aceh dalam menulis karangan narasi berdasarkan asal sekolah dan tingkat pendidikan orang tua siswa?
(2)  Bagaimanakah pengaruh asal sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap kemampuan siswa SMAN 1 Banda Aceh dalam menulis karangan narasi?

c. TujuanPenelitian
Sesuai dengan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
(1)  melihat adanya korelasi kemampuan siswa SMAN 1 Banda Aceh dalam menulis karangan narasi berdasarkan asal sekolah dan tingkat pendidikan orang tua siswa;
(2)  mendeskripsikan korelasi antara asal sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap kemampuan siswa SMAN 1 Banda Aceh dalam menulis karangan narasi

DAFTAR PUSTAKA

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE.

Sunendar, Dadang dan Iskandarwassid. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Pustaka Utama Remaja Rosdakarya.

Suparno & Muhammad Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis: Buku Materi Pokok PGSD Modul 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

0 komentar:

Post a Comment