Random Post
to show post by tag/label, fill tagName like this: ex:label blogger ---> tagName:"blogger" to show recent post change RandompostActive value to false like this : RandompostActive:false
Friday 28 February 2014

03:03
paket wisata
Banda Aceh merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan saat ini sudah berumur 807 tahun. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh berusaha mendaftarkan Banda Aceh sebagai salah satu situs warisan dunia di Unesco. 

"Jadi bagaimana ini terselamatkan dan lestari, sehingga nantinya menjadi warisan sejarah kepada anak cucu kita ke depan. Banyak situs yang belum tertangani, dengan program ini, Insya Allah, Banda Aceh yang lestari akan terwujud," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi, Selasa pekan lalu.

Berikut petikan wawancara wartawan Autobisnis, Rahmat Nuthihar, dengan Reza Fahlevi, terkait upaya mendorong perkembangan pariwisata dan penabalan kota warisan dunia untuk Banda Aceh:

Langkah apa yang telah diupayakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh?

Mendaftarkan Banda Aceh ke Unesco adalah salah satu cara untuk melestarikan kota kita ini. selain itu, kami juga melakukan pemetaan dan menginventarisir benda-benda yang berada di situs-situs sejarah di Banda Aceh. Hal ini dilanjutkan dengan upaya penyelamatan dan kerja sama dengan pemerintah pusat untuk menata ulang kawasan sejarah. Sehingga selain menyelamatkan situs, ini juga bisa menjadi objek tujuan wisata. Semacam napak tilas sejarah. 

Apakah ini akan langsung diterima Unesco?

Dalam hal mewujudkan kota warisan diperlukan persiapan matang, terutama pemetaan. Selanjutnya dilegalkan dengan surat keputusan. Karena dengan kondisi seperti sekarang ini, kami belum berani mendaftarkan langsung ke Unesco. Kita harus merawat terlebih dahulu. Karena ada tahapan yang harus dilewati, tetapi yang paling urgen, adalah penyelamatan, jangan sampai situs-situs itu rusak.  

Berapa jumlah situs sejarah di Banda Aceh yang terdata saat ini?

Di Kota Banda Aceh tercatat 65 situs sejarah. Namun  keseluruhannya belum ditetapkan dalam situs sejarah dikarenakan butuh penelitian serta kajian latar belakang sejarah tersebut. Dan saya yakin akan ada banyak lagi.

Mengapa harus mendaftar ke Unesco untuk merawat situs-situs ini?

Ini bukan semata-mata untuk wisata. Jauh lebih penting dari itu adalah makna edukasi, sejarah. Unsur wisata akan mengikuti.  Berbeda dengan delapan situs yang ada di Indonesia, di Aceh lokasinya menyebar. Dan di Banda Aceh, situs sejarah ini akan dimulai dari Gampong Pande.

Di Banda Aceh, banyak situs bersejarah yang tidak terawat?

Kalau situs sejarah ada yang tidak tertangani dengan baik, karena memang untuk memeliharanya adalah sebuah pekerjaan besar. Karena itu penting untuk melakukan pemetaan dan inventarisasi. Upaya penyelamatan tidak bisa dilakukan sekaligus. Kami melakukannya secara bertahap dan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Sejauh apa dampak promosi dan pergelaran sejumlah even bagi peningkatan minat wisatawan datang ke Banda Aceh?

"Sejauh ini persentase wisatawan meningkat, dan umumnya setiba di Banda Aceh wisatawan melanjutkan ke Sabang, karena Banda Aceh bersinergi dengan Sabang. Dan ini tentu berkat promosi dan sejumlah even yang digelar. Oleh karena itu,  mari kita sama-sama menjaga warisan bersejarah di kota tua ini. Selain untuk "memanggil" wisatawan, kita juga ingin generasi masa depan melihat langsung kekayaan sejarah Aceh." (*)


0 komentar:

Post a Comment