Random Post
to show post by tag/label, fill tagName like this: ex:label blogger ---> tagName:"blogger" to show recent post change RandompostActive value to false like this : RandompostActive:false
Monday 4 November 2013

08:41
1
Aceh   memiliki berbagai macam aneka kue tradisonal. Salah satunya adalah kekarah , sejenis penganan terbuat dari tepung beras, berbentuk segitiga  ataupun juga berbentuk lipat dua.  Masyarakat Aceh   menjadikan kue ini juga sebagai bagian dari adat kebudayaan setempat. 
Proses penggorengan kue keukarah

Nuraimah pembuat karah-karah Desa Lamnga Kecamatan Mesjid Raya, mengatakan permintaan karah-karah ini meningkat tajam pada saat ada upacara tradisional, pernikahan dan juga acara-acara kematian. Selain itu kata Nuraimah pada saat hari raya Idhul Fitri atawa Adha, maka pesanan pun kembali meningkat tajam. 

“Harga dari satuan karah-karah ini relative murah, untuk ukuran kecil kami jual seharga Rp500 dan ukuran yang sedang kami jual paling mahal Rp1 ribu,” Kata Nuraimah saat bincang-bincang dengan Harian Aceh   Jumat lalu. 

Pembuatan karah ini juga tidak memerlukan bahan dan alat yang khusus, kata Nurhasiah semua kebutuhan untuk membuat karah-karah ini tersedia di warung terdekat. maka siapun bisa membuatnya. 

“Dalam membuat karah-karah ini kita harus mampu menahan panas dari sumbu kompor saat menggoreng karah-karah ini.” 

Mungkin hal yang unik selama membuat karah-karah ini adalah dimana adanya sebuah tempurung kelapa yang sudah dibolongi sisi bawahnya di gantung diatas kompor. Hal ini diperuntukkan untuk mencetak karah-karah ini saat di masukan di dalam minyak panas. 

“Batok kelapa itu berfungsi sebagai loyang, yang mana adonan itu dimasukkan kedalam tempurung kelapa, kemudian dipukul perlahan-lahan dan kemudian di sesuaikan dengan pola saat seluruh adonan karah-karah itu sudah terbentuk di dalam minyak panas,” Cerita Nuraimah. 

Selanjutnya bagi anda yang ingin membeli karah-karah ini, kata Nuraimah, kue tersebut bisa anda pesan langsung kepada dia, ataupun membelinya di pasar Aceh  . 

Resep Membuat Kue Kekarah 
Bahan;
250 gram tepung beras
500 gram gula pasir
1 liter minyak goreng
½ liter air

Alat
Kompor 22 sumbu
Baskom
Cetakan (bruek) batok kelapa
Ancak (saringan dandang)

Cara membuat tepung ;
Beras direndam 1 malam (kurang lebih 12 jam), lalu dicuci bersih sampai airnya jernih, lalu ditiriskan,. Selanjutnya beras itu baru ditumbuk dengan memakai jengki atau lesung sampai halus,  lalu diayak dengan selendang dan dijemur hingga kering. Setelah tepung kering lalu disaring satu kali lagi dan tepung siap dijadikan sebagai adonan.

Cara membuatnya
Tepung dan gula diaduk, ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi rata dan mengental, dengan kekentalan andonan dapat turun dari cetakan. Setelah dimasukkan adonan kedalam cetakan adonan langsung digoreng sambil cetakannya diputar melingkari wajan penggorengan dengan ketebalan ± ½ cm. setelah itu baru dibentuk dengan keinginan kita, angkat lalu ditiriskan untuk dipacking.

1 komentar:

  1. fotonya ambil dari sini ya http://darirantau.blogspot.co.id/2011/06/pembuat-keukarah.html

    ReplyDelete